Monday, June 15, 2009

Prosesor Desktop Intel Quad-Core

Terdapat dua macam prosesor Quad Core yang diproduksi Intel, yaitu Core 2 Extreme dengan nama sandi Kentsfield XE dan Core 2 Quad dengan nama sandi Kentsfield. Keduanya dilengkapi dengan L2 Cache 8192 KB (2 x 4096 KB), namun, Core 2 Extreme dilengkapi fitur unlocked clock multiplier dan membutuhkan konsumsi daya yang lebih besar dibandingkan Core 2 Quad

Core 2 Extreme dengan nama sandi Kentsfield XE

Pemunculan prosesor quad core ke pasaran ini tergolong cepat. Kali ini, terhitung sejak pemunculan prosesor dual core pertama kali, pihak Intel membutuhkan waktu kurang lebih hanya satu setengah tahun untuk meluncurkan produksi barunya, yaitu Core 2 Extreme QX6700. Prosesor quad core ini memiliki banyak kesamaan dengan prosesor dual core. Sama-sama diproduksi dengan teknologi 65 nm. Secara kasar, dapat dikatakan bahwa prosesor quad core dibuat dari gabungan dua buah die dual core yang dikemas dalam satu kemasan keping prosesor, seperti diilustrasikan pada gambar 3.
Penggunaan dua die yang digabung menjadi satu, kabarnya memberikan keuntungan tersendiri, yaitu luasan total die quad core menjadi 12% lebih kecil dibandingkan bila digabungkan menjadi satu die. Luasan total die quad core adalah 286 mm2 (2 x 143 mm2), dengan jumlah transistor yang terkandung di dalamnya sebanyak 582 juta (2 x 291juta).
Prosesor Core 2 Extreme ini mempunyai beberapa fitur tambahan, yaitu Wide Dynamic Execution, Advanced Digital Media Boost, Smart Memory Access, dan Intelligent Power Capability. Dilengkapi pula dengan Advanced Smart Cache sebesar 4 MB (L2 Cache) untuk masing-masing die. Cache ini dapat digunakan secara share (bersama-sama) antar die.

Core 2 Quad dengan nama sandi Kentsfield

Pada awal rilisnya, prosesor Core 2 Quad dilepas dengan harga yang lebih murah dibandingkan prosesor Core 2 Extreme dengan nama sandi Kentsfield XE. Core 2 quad memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini terlihat dari nilai TDP yang lebih rendah, yaitu 95 Watt hingga 105 Watt. Berikut ini disajikan spesifikasi dua model prosesor Core 2 Quad

Sumber

No comments:

Post a Comment