Monday, June 15, 2009

Ubuntu 8.10 "Intrepid" Telah Tiba

Maksud saya yang telah tiba adalah file ISO yang baru selesai saya download semalam, harusnya sih selesai dalam waktu 3 s/d 5 jam, tapi karena ketiduran, jadi nggak bisa ngontrol koneksi internetnya yang ternyata putus, jadi harus saya lanjutin di pagi hari, habisnya udah gak sabar nunggu.

Cara ini paling cepat lah ketimbang harus memesan CD lewat program shippingnya ubuntu. Dulu pernah nyoba, waktunya kira-kira enam minggu deh kalo gak salah, baru CD nya nyampe. Memang sih gratis, tapi kadang tukang posnya minta duit, padahal it's all free.

Sebelumnya di notebook saya sudah terinstall ubuntu 8.04, si "Hardy Heron", cuma kebetulan waktu itu salah nyedot, koq yang kedownload versi KDE nya (Kubuntu), hi hi. Nah, sekarang saya baru selesai menginstall versi Ubuntu yang Gnome yang dijalankan langsung di atas Windows dengan Wubi. Jaman sekarang makin gampang nginstall Linux, terutama untuk orang malas kayak saya, ha ha ha.

Lanjut cerita...

Pas file ISO bellanya udah di tangan, tanpa nunggu hujan reda (soalnya lagi hujan sampai berita ini diturunkan, hualah) langsung saja saya mount filenya ke virtual CD (belum sempat diburn), terus ngejalanin si Wubi dan klik klak finish terus restart kompie.

Trararang, si Intrepid sudah selesai dipasang, sekarang tinggal didandani...



Dari pada repot-repot, dari pada susah-susah, dari pada mesti ngeluarin duit banyak-banyak, mending pakai yang gratisan dan berkualitas, ya nggak. Katanya versi Ubuntu versi 9.04 nanti bakal nggak kalah keren dari Vista dan Mac OS, I'm really excited. Makin mantap aja.

Ada satu lagi, modem 3G bisa langsung kedetek pada saat disambung lewat USB. Nokia 6120c saya tinggal dicolok, dan saya langsung dipandu untuk konfigurasi Mobile Broadband Connection yang tinggal klik en klak, sekali lagi sangat cocok untuk orang yang malas kek saya, he he.

Eng ing eng, semua pasti sudah pada tahu, dari screenshotnya ketahuan deh didandanin di salon mana, hi hi hi. Belum kelar loh, cuma buat refreshing aja, habisnya bosan sama desktop environmentnya Windows XP yang selalu saya pakai buat belajar coding, maklumlah lagi belajar :)

Sumber

No comments:

Post a Comment