Wednesday, November 9, 2011

FAST Back to Campus (Tugas 1 Kapita Selekta)

Pada seminar yang berjudul “FAST back to campus” yang diadakan pada tanggal 6 November 2010 kemarin memberikan saya banyak pencerahan dan motivasi untuk masa depan. Beberapa orang alumni STT Telkom menjadi narasumber pada seminar tersebut.
Mereka berbagi cerita tentang pengalaman yang didapat selama kuliah dan beberapa kiat untuk memasuki dunia kerja.
Saya dapat menarik kesimpulan bahwa sebenarnya berpartisipasi pada sebuah organisasi atau pun kepanitiaan pada masa kuliah itu sangat penting. Karena dengan berorganisasi atau pun berkepanitiaan kita bisa semakin banyak mengenal orang, berbagai macam orang yang memiliki berbagai macam sifat. Hal ini akan sangat bermanfaat pada saat kita akan masuk ke dunia kerja.
Tetapi meskipun kita aktif berorganisasi atau berkepanitiaan kita tidak boleh lupa dengan tujuan awal kita, yaitu kuliah. Di antara berbagai kesibukan kita tetap tidak boleh lupa dengan target kita yaitu lulus dengan IPK > 3,00.
Selain itu juga untuk memasuki dunia kerja kita juga harus mempunyai modal hardskill ataupun softskill. Contohnya apabila kita ingin menjadi seorang enterpreneur, kita harus mempunyai  modal utama, yaitu:
1. Believe
Sebelum kita memutuskan untuk menjadi seorang enterpreneur, kita haru meyakinkan diri kita bahwa benar kita akan mengambil jalan tersebut. Sehingga nantinya kita tidak akan menjadi orang yang goyah dalam menjalani peran sebagai seorang enterpreneur.

2.  Courage
Dunia enterpreneur hanyalah dunia untuk orang yang berani mengambil resiko. Karena dunia enterpreneur berbeda dengan dunia kerja di perkantoran. Contohnya saja penghasilan. Penghasilan seorang enterpreneur itu tidak terprediksi, kadang naik dan kadang turun, sedangkan pada dunia perkantoran penghasilan yang didapatkan tersebut sudah terprediksi.

Sebelum memasuki dunia kerja kita harus mempersiapkan diri. Berikut adalah beberapa kiat yang harus dipahami :
1. IPK tinggi bukanlah syarat utama untuk bekerja, itu hanyalah sebuah entry point. Tapi sebaiknya lulus dengan IPK > 3,00
2. IPK yang didapat juga harus didukung dengan skill-skill
3. Pada saat melamar kerja kita harus pandai-pandai menjual diri pada CV. Karena orang tidak akan tau yang pernah kita lakukan kalau kita tidak pernah mengatakannya
4. Koneksi itu perlu untuk memudahkan di dunia kerja
5. Harus fokus
6. Harus menanamkan pada diri kita bahwa “I Love my job”
7. Harus jujur  

Oleh karena kita masih duduk di bangku kuliah, kita masih punya waktu untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Lebih baik dilakukan terlambat daripada tidak sama sekali. Sebelum akhirnya kita menyesal pada saat berada dalam dunia kerja.

No comments:

Post a Comment