Wednesday, November 9, 2011

Governance (Tugas 4 Kapita Selekta)

Pada mata kuliah umum Kapita Selekta 27 November 2010 kemarin, sang pembicara menguraikan tentang “Governance”. Beliau menguraikan tentang apa itu Governance, level-levelnya, dan sebagainya. Governance adalah bagaimana caranya untuk kita bias mengarahkan dan mengendalikan sesuatu, contohnya perusahaan. 

Menurut saya, Governance sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang nantinya ingin berkecimpung di dunia kerja. Dalam sebuah perusahaan sangatlah dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat mengendalikan dan mengarahkan perusahaannya menggapai kesuksesan. 

Dalam hal mengendalikan dan mengarahkan ini haruslah seimbang. Karena apabila  kita hanya memiliki salah satu dari hal tersebut maka akan sulit menggapai kesuksesan. Sebagai contoh, apabila kita hanya dapat mengendalikan, maka perusahaan kita akan berjalan, tetapi tidak mempunyai arah dan tujuan. Begitu juga apabila kita hanya bisa mengarahkan, perusahaan tidak akan berjalan, walaupun memiliki arah dan tujuan yang baik. 

Governance terbagi dalam 3 level, yaitu: Strategic, Tactical, dan Operational. Strategic merupakan sekumpulan orang yang menyusun strategi bagaimana sebuah perusahaan akan berjalan nantinya. Tactical merupakan sekumpulan orang yang menyusun rencana apa yang akan dijalankan agar strategi yang telah dirancang dapat berhasil. Operational merupakan sekumpulan orang yang langsung turun ke lapangan untuk mengerjakan taktik tersebut.
 
 Jadi, menurut saya dalam dunia kerja nanti, kita mengetahui bakat kita ada di bidang mana di antara 3 level tersebut. Selain itu, apabila menjadi pemimpin, haruslah memiliki Governance yang baik, karena itu merupakan suatu hal yang harus dimiliki dan dijalankan mulai dari atasan sampai kepada anak buah. Sehingga dapat terjalin sebuah komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga bisa mengantarkan sebuah perusahaan ke gerbang kesuksesan.


No comments:

Post a Comment