Wednesday, November 9, 2011

Introduction to Medical Imaging (Tugas 5 Kapita Selekta)

Pada mata kuliah umum Kapita Selekta 11 November 2010 kemarin, sang pembicara mengangkat judul “Introduction to Medical Imaging”. Penggunaan teknologi imaging dalam dunia kedokteran sudah sangat berkembang di luar negeri dan di Indonesia sedang dikembangkan. Teknologi imaging ini sangat membantu para dokter dan ahli dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

Dalam dunia medis, terdapat medical procedure, yaitu Data Collection/Information, Data Processing, Diagnosis, Therapy, dan Test. Medical Imaging termasuk dalam Data Collection/Information seperti penggunaan XRAY, Kemotherapy, Isotop.

Dalam Medical Imaging, terdapat Image Acquisition Modalities yaitu Projection XRAY (interaksi jaringan tubuh dengan sinar XRAY yang ditangkap oleh sebuah film yang ditangkap berupa image), Comuted Tomography (pengambilan image-nya berbeda dengan XRAY) , Magnetic Resonance Imaging (menggunakan medan magnet yang sangat tinggi, orientasinya setelah magnet dilepaskan akan timbul energi juga yang dilepaskan kemudian ditangkap dan dihasilkan berupa potongan-potongan image. Hasil dari MRI image hasilnya lebih clear(jelas) dibandingkan dengan XRAY dan CTScan), Ultrasound (contohnya USG dalam kehamilan), Nuclear Medicine (menggunakan radio isotop. Terdapat dua tipe yaitu PET dan SPET. Radiasi nuklir yang digunakan akan lebih rendah dibandingkan dengan radiasi kosmis (matahari,pesawat) karena telah diatur keakuratan dosisnya), Endoscopy Imaging (pengambilan image Bronchoscopy(bagian bronkus), Colonoscopy, Laporoscopy, dll), PhotoImage, dan Thermal Imaging (pengambilan image dengan sensor panas yang diberi warna berbeda). Kegunaan dari Medical Imaging secara processing yaitu untuk Cancer Detection dan Automatic Diagnosys System.

Menurut saya, perkembangan teknologi dalam bidang biomedis memang sangat membantu, tapi hal ini juga memiliki tantangan. Contohnya pada setiap pengambilan objek yang sama akan dihasilkan informasi yang sangat banyak dan berbeda- beda. Secara umum, penggunaan medical imaging adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan di dunia khususnya di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment