Wednesday, November 9, 2011

Pemberian Rekomendasi Layanan Bekerja Online (Tugas 2 Kapita Selekta)

Pada mata kuliah umum Kapita Selekta 13 November 2010 kemarin, sang pembicara yaitu Ibu Ade Ramadhony mengangkat judul “Pemberian Rekomendasi Layanan Bekerja Online”. Beliau menguraikan tentang situasi belanja online serta kendala-kendala yang adapada saat sekarang ini.

Saat ini sudah semakin banyak jenis produk yang dijual dan semakin banyak toko online. Sewaktu akan membeli produk calon pembeli akan memilih produk dengan cara mencari di mesin pencari, rekomendasi teman, atau mencari di direktori belanja online.

Terdapat beberapa direktori belanja, baik dalam ataupun luar negeri. Beberapa direktori belanja online di dalam negeri seperti indoshopguide.com, direktoribelanja.com, direktorionline.com. Dan di luar negeri seperti bizrate.com, shopping,com, amazone.com, shopsafe.co.uk.

Menurut saya, dalam sebuah aktifitas belanja online, sebuah rekomendasi memang sangat penting karena sangat membantu calon pembeli dalam pemilihan produk. Rekomendasi memberikan info yang berguna dan menarik sehingga suatu barang bisa disukai, sehingga seorang calon pembeli tidak perlu bingung lagi untuk menentukan barang yang mana yang akan dibeli.

Selain itu, rekomendasi dapat menambah kepercayaan calon pembeli terhadap barang yang akan dibeli, sehingga calon pembeli tidak perlu takut lagi untuk bertransaksi jual beli secara online.

Beberapa situs belanja online sudah menambahkan fitur rekomendasi. Contohnya saja amazone.com. Situs ini juga merapkan sistem rekomendasi dalam beberapa aspek, yaitu rekomendasi berdasarkan view, rating, dan personal. Personal ini berarti seseorang apabila ingin merekomendasikan suatu barang harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menginputkan nama atau email.

Semoga seiring dengan berkembangnya zaman, akan semakin banyak situs belanja online yang memiliki fitur rekomendasi sehingga belanja online akan lebih mudah untuk diterapkan dan dijalankan di kalangan masyarakat umum.

No comments:

Post a Comment