Wednesday, November 9, 2011

Putera Sampoerna Foundation (Artikel 2 Inovasi dan Kewirausahaan)

Putera Sampoerna Foundation atau lebih dikenal sebagai Sampoerna Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba yang didirikan oleh Putera Sampoerna beserta para pemegang saham PT HM Sampoerna lainnya didirikan pada tahun 2001 bertujuan untuk peningkatan pendidikan nasional di Indonesia.
Putera Sampoerna Foundation menawarkan beasiswa kepada siswa berbakat dalam bidang akademis dari keluarga yang kurang beruntung di Indonesia, dan telah mendistribusikan lebih dari 34.000 beasiswa. Putera Sampoerna Foundation mengusung strategi utama yang dinamakan Pathway to Leadership untuk mencapai tujuan organisasi sosialnya, yakni mencetak pemimpin berkualitas dan wirausahawan andal yang mampu menghadapi tantangan global.
Dalam rangka mendukung Pathway to Leadership, Putera Sampoerna Foundation mendirikan empat pilar penopang.
1.      Pendidikan
 Ini adalah inti dari program-program Putera Sampoerna Foundation sebagai organisasi bisnis sosial. Putera Sampoerna Foundation mendirikan Sampoerna Academy, sebuah institusi pendidikan setingkat SMA, di sejumlah kota di Indonesia. Sampoerna Academy adalah sebuah jaringan sekolah berasrama dengan standar internasional untuk siswa-siswi dari 5%-10% teratas dari SMP dan berasal dari keluarga prasejahtera.

2.      Kewirausahaan
Pilar ini didirikan untuk menciptakan wirausahawan handal untuk Indonesia yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan pemikiran inilah, Putera Sampoerna Foundation telah meluncurkan MEKAR Entrepreneurship Network, yang berusaha untuk memperkuat masyarakat kewirausahaan Indonesia dengan layanan pembinaan dan menciptakan hubungan antara para wirausahawan dan angel investor.

3.      Pemberdayaan Perempuan
Pemberdayaan perempuan adalah kunci sebuah negara yang memiliki penduduk perempuan sering bekerja di sektor informal karena kebutuhan ekonomi keluarga. Foundation ini telah mendirikan Yayasan Sahabat Wanita untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di Indonesia.

4.      Bantuan Kemanusiaan
Putera Sampoerna Foundation menanamkan jiwa kemanusiaan bagi pemimpin masa depan untuk menunjukkan kasih sayang dan memberikan bakti kepada masyarakat tempat mereka berasal. Oleh karena itulah, Bait Al-Kamil atau ‘Rumah Kesempurnaan’ diluncurkan. Bait AL-Kamil adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sesama warga dan memberikan bantuan kepada keluarga prasejahtera, terutama mereka yang terkena musibah bencana alam.
Putera Sampoerna Foundation membantu membangun Indonesia menjadi pemimpin dunia yang dinamis dan inovatif, tetapi tidak ada organisasi bisa melakukan ini sendirian. Putera Sampoerna Foundation membutuhkan dukungan untuk membangun sebuah bangsa yang besar. Bangsa Indonesia perlu memenuhi potensi setiap warga negara dan begara yang bermartabat, melangkah maju, dan mengembangkan potensi Indonesia yang hakiki, sehingga dapat membuat perubahan bagi Indonesia.

No comments:

Post a Comment