Wednesday, November 9, 2011

Windows Azure (Tugas 6 Kapita Selekta)

Taxonomy of Cloud Computing

Terdapat 6 layer dari Cloud Computing  (dari atas ke bawah) yaitu:

1. Clients adalah perangkat keras komputer dan / atau perangkat lunak komputer yang mengandalkan The Cloud untuk pengiriman aplikasi, atau yang secara khusus dirancang untuk pengiriman cloud service.

2. Services alias Web Service adalah sebuah system perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interaksi interoperable mesin-ke-mesin melalui jaringan, yang dapat diakses oleh komponen cloud computing lainnya, software , dan end user.

3. Application memanfaatkan The Cloud dalam arsitektur perangkat lunak, sering menghilangkan kebutuhan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi pada komputer pelanggan sendiri, sehingga mengurangi beban perawatan perangkat lunak, operasi terus-menerus, dan dukungan.

4. Platform alias Platform sebagai layanan adalah yang memfasilitasi penyebaran aplikasi tanpa biaya dan kompleksitas membeli dan mengelola hardware dan software layers.

5. Storage adalah pengiriman data storage sebagai sebuah layanan yang sering ditagih secara komputasi utilitas (mis. per gigabyte per bulan)

6. Infrastructure alias Infrastruktur sebagai layanan adalah penyerahan infrastruktur komputer (biasanya sebuah lingkungan virtualisasi platform) sebagai sebuah layanan

 Aplikasi yang Memanfaatkan Layanan Windows Azure

Cloud Computing diperkirakan akan mengubah TI di perusahaan besar karena memungkinkan enterprise dari berbagai ukuran untuk memanfaatkan skala ekonomi dan mendapat keuntungan dari hanya membayar sumber daya yang digunakan saja.

Azure merupakan sebuah Microsoft operating system untuk cloud computing, dengan code-named Red Dog, dan akan menjadi titik awal dari Azure Service Platform yang akan dijalankan Microsoft yang dimulai pada data center mereka sendiri. Azure juga merupakan sebuah development environment untuk para application builder untuk cloud computing.

Windows Azure itu sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang berjalan diatas Cloud, didesain untuk menjalankan aplikasi dan computing utility. Windows Azure mempunyi 4 buah fitur penting, yaitu :
1. Service Management, Dengan Windows Azure kita diberikan kemudahan untuk mendeploy dan mengatur aplikasi yang kita buat.
2. Compute, Dengan dukungan Cloud kita tidak perlu khawatir dengan performansi dari server itu sendiri.
3. Storage, Storage space yang sanget besar untuk aplikasi kita, jadi siapapun bisa menggunakannya.
4. Developer Experience, developer diberikan kemudahan dalam mendeploy suatu aplikasi, layaknya kita mendeploy sebuah aplikasi dengan visual studio di desktop kita sendiri.

Windows Azure menawarkan banyak sekali kemudahan untuk para developer aplikasi, sama mudahnya dengan mendeploy aplikasi di desktop, namun bedanya kali ini kita mendeploy aplikasi tersebut diatas sistem operasi Cloud, kemudahan yang diberikan :
1. Abstract execution environtment, Sama mudahnya dengan anda memilih aplikasi yang ingin anda jalankan dan klik RUN!, anda tidak perlu tim deployment yang menentukan di server mana akan menjalankan code dari aplikasi tersebut, semuanya berjalan otomatis.
2. Shared file system, semua file system yang anda butuhkan sudah tersedia, "the more you need, the more you get".
3. Resource allocation, dengan Windows Azure setiap orang dapat menggunakan environment yang sama dengan yang lainnya.
4. Programing environtment, developer merasakan suasana yang sama halnya dengan mendeploy aplikasi di desktop sendiri.

Windows Azure juga menyediakan support untuk computing utility dimana Windows Azure sangat reliable, it's always up 24/7 operation, jadi anda tidak perlu pusing untuk membeli atau membangun sebuah data center untuk menjalankan aplikasi anda. Dan yang tidak kalah pentingnya Windows Azure ini bersifat simple, kita dapat mengontrol secara remote dan juga sangat mudah untuk di manage.

Supaya tidak salah intepretasi, Windows Azure bukanlah sebuah software yang berjalan diatas server atau desktop anda, tetapi merupakan sebuah sistem operasi yang berjalan diatas banyak server yang saling terhubung satu sama lain (Cloud) dan di host di data center milik Microsoft US.

No comments:

Post a Comment